Biografi Songoku

Labels:



Nama : Son Goku
Nama Lain: Kakarot
Kemunculan: Komik Vol 1, Anime Ep 1
Ras: Saiya
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Lahir: Tahun 737
Kematian: Tahun 761 (Hidup lagi) dan Tahun 767 (hidup lagi)
Tinggi: 175Cm
Berat: 62Kg
Alamat: Sektor 439 sebelah timur, Gunung Paozu
Pekerjaan: Petani Lobak
Aliansi: Pemimpin Z Fighter 




Keluarga:
- Bardock (Ayah)
- Raditz (Kakak)
- Kakek Gohan (Kakek Angkat, Guru)
- Chichi (Istri)
- Raja Sapi (Ayah Mertua)
- Son Gohan (Anak)
- Son Goten (Anak)
- Videl (Menantu)
- Pan (Cucu)
- Goku Jr. (Cicit)
- Krillin (Sahabat)
- Master Roshi (Guru)
- Dewa Penguasa (Guru)
- Mister Popo (Guru)
- Kaioo (Guru)
- Pendeta Karin (Guru)
- Ubh (Murid)
- Bezita (Rival)
  

Goku (孙 悟空, Son Goku) adalah protagonis utama dari Dragon Ball metaseries yang diciptakan oleh Akira Toriyama. Dia adalah suami dari Chi-Chi, ayah dari dua orang putra, Gohan dan Goten, kakek dari Pan, dan kakek dari kakek kakeknya Goku Jr. Goku adalah pelindung Bumi dan pemimpin Z Fighters. Sepanjang hidupnya, ia berlatih keras dan berusaha untuk menjadi pendekar terkuat, selain itu untuk menegakkan perdamaian. sifat-sifat ini membuatnya menjadi contoh para pahlawan sempurna, meskipun belum tentu sempurna, karena kurangnya pendidikan.
Pembuatan Dan Konsep

Goku berarti menyadari kekosongan (suku kata 'Go' berarti pencerahan, dan suku kata 'Ku' artinya langit atau Kekosongan). Nama lengkap Goku (Son Goku) adalah nama Jepang untuk Sun Wukong atau Sun Gokong, karakter utama dalam legenda Cina perjalanan ke Barat, karakter Goku juga terinspirasi dari itu. Goku sendiri dimulai sebagai kurang lebih parodi dari Sun Wukong, dan seiring berkembangnya cerita akhirnya Goku lepas dari parodi itu.

Desain Goku yang didasarkan dari Tanton, manga prototipe Toriyama Dragon Boy dan Tongpoo, manga berjudul Petualangan Tongpoo. Ketika Akira Toriyama mulai menggambar tentang Dragon Ball dia awalnya berencana untuk membuat Goku sebagai monyet dan mirip dengan Sungokong dari cerita Perjalanan ke Barat. Rancangan kedua Toriyama, ia ingin membuat Goku sebagai manusia mengenakan pakaian pelaut yang mengendarai mesin terbang bukan awan kinton. Rancangan Toriyama yang ke-3 dan terakhir dari Goku adalah manusia dengan ekor monyet yang kita kenal sekarang ini.


Penampilan dan Kepribadian

Goku adalah karakter utama dalam seri Dragon Ball. Dengan rambut hitam runcing dan pakaian khasnya oranye, merah, emas dan biru, Goku dikenal karena kepribadiannya yang ceria, energik dan suka persaingan (khususnya beladiri dan makan). Dia memiliki kebaikan yang luar biasa terhadap orang lain, meskipun tindakannya untuk mengampuni musuh-musuhnya kadang-kadang dikritik sebagai berlebihan. Goku, sebagian besar berjuang untuk menang, dan menyelamatkan musuh-musuhnya setelah mengalahkan mereka. Dia memiliki pandangan yang sederhana, sederhana dan agak naif dengan dunia sekitarnya. Karena itu, banyak orang menganggap dia agak bodoh, meskipun begitu ia memiliki daya tangkap yang sangat besar. Kemampuannya yang paling luar biasa adalah kemauannya untuk berhasil, mendorong diri melampaui keterbatasan, dan tidak pernah menyerah bahkan ketika dalam keadaan terdesak.

Selama masa kecilnya, Goku tidak mampu membedakan antara pria dan wanita tanpa menyentuh tubuh mereka, Yang paling menonjol dari kejadian ini adalah ketika ia pertama kali bertemu Chi-Chi, di mana dia mendorongnya dari awan kinton setelah ia menepuk alat kelaminnya dengan kakinya, dan dalam adegan dimana dia mengambil celana Bulma ketika dia tidur, dia juga kaget ketika tau bahwa dia tidak punya testis. Ia akhirnya dapat membedakan semuanya seiring pertumbuhannya..

Goku terbukti menderita trypanophobia berat, atau rasa takut terhadap jarum suntik, tetapi ini hanya terjadi di anime. Dia menunjukkan rasa takutnya dua kali dalam Dragon Ball Z, dan tiga kali selama Dragon Ball GT. Pertama kali setelah pertempuran dengan Bezita, ketika ia dibawa ke rumah sakit. Kali kedua ia menunjukkan rasa takutnya terhadap jarum setelah bertarung dengan Kapten Ginyu di planet Namek, ketika ia sedang dalam memulihkan diri dalam alat penyembuh milik Freeza. Di Dragon Ball GT, ketika Goku, Pan, dan Trunks membawa seorang anak yang terluka ke rumah sakit. kedua, selama pertempuran pertama melawan Baby Bezita, dia masuk ke Ruang Sogorugo, di mana ia menyaksikan hologram Chi-Chi yang melemparkan jarum raksasa padanya.

Dalam pertempuran, Goku tidak terkalahkan, tapi ia memiliki dua kelemahan utama. Kelemahan pertama adalah ekornya, Goku langsung lemas ketika seseorang menyambar ekornya (suatu sifat yang dimiliki oleh semua bangsa Saiyan saat lahir) Yang kedua adalah nafsu makan konyolnya. bagaimanapun, cinta Goku terhadap makanan pernah menyelamatkannya dari masalah beberapa kali. Misalnya, di Turnamen beladiri, ketika ditidurkan oleh Jackie Chun, Bulma berhasil menyelamatkan pertandingan dengan berteriak kepadanya bahwa makan malam sudah siap, Goku segera terbangun untuk memecahkan hitungan.

Biography

Kehidupan awal

Kakarot (カカロット, Kakarotto) (berganti nama menjadi Songoku di Bumi) lahir sekitar tahun 737 di Planet Bezita. Goku dikirim sebagai bayi ke planet Bumi untuk mengalahkan penduduknya dan membersihkan planet ini untuk jual di masa depan. Penghuni bumi dianggap lemah, bayi bangsa Saiya dianggap cukup untuk tugas tersebut, khususnya setelah berubah menjadi monyet raksasa oleh bulan purnama bumi. Ayah Goku, seorang prajurit kelas rendah bernama Bardock, tewas dalam penghancuran planetnya tidak lama setelah keberangkatan Goku, dan kakaknya Raditz tidak diketahui keberadaanya.

Setelah mendarat di Bumi, Goku menjadi cucu angkat dari seorang pria tua bernama Gohan yang menemukannya di hutan dan memberinya nama. Pada awalnya, Goku sangat keras dan pemarah, tidak mematuhi Gohan sama sekali, tapi suatu hari ia jatuh dalam jurang yang dalam dan membentur kepalanya, dia menderita trauma kepala yang berat dan nyaris membunuhnya. Setelah ia terbangun, ia telah kehilangan semua watak Sayia nya, dia menjadi baik dan berwatak halus. Kakek Gohan mengajarinya seni bela diri dan menceritakan tentang hal-hal seperti kota dan manusia, karena mereka tinggal di tempat yang sangat terpencil di Gunung Paozu, tanpa komunikasi dengan orang lain. Gohan suatu hari menemukan transformasi bulan purnama Goku, dan dengan demikian dia menyuruh Goku untuk tidak pernah melihat bulan purnama. Namun, suatu malam Goku berubah menjadi Monyet raksasa, menyebabkan dia tidak sadar membunuh Gohan. Setelah kematian kakeknya, Goku tinggal di rumahnya, melaksanakan kehidupan sehari-hari untuk bertahan hidup. Dari kecil, Goku mengira bahwa orang tuanya meninggalkan dia di pegunungan.

Dragon Ball

Goku diperkenalkan dalam manga Dragon Ball dan anime ketika berumur 11 atau 12 tahun (awalnya ia mengaku 14 tahun, tetapi dalam pertandingan Turnamen beladiri dia bilang umurnya 12 tahun karena saat itu dia mengalami masalah dalam berhitung), sebagai seorang anak yang hidup dalam ketidakjelasan di Gunung Paozu. Goku memiliki Sumber kekuatan dan Dragon Ball bintang empat, warisan dari kakeknya.

Suatu hari setelah melakukan tugas sehari-hari, Goku ditabrak mobil ketika dalam perjalanan pulang setelah memancing Ikan Raksasa. Karena belum pernah melihat mobil sebelumnya, dia mengira itu adalah rakasa yang menyerangnya. Ketika sopir menembak Goku dengan pistol, ia menjadi takut setelah melihat Goku tidak apa-apa dia lalu menyerah memberitahu bahwa dia adalah seorang gadis bernama Bulma. Goku belum pernah bertemu seorang gadis sebelumnya, satu-satunya manusia yang pernah ia temui dalam hidupnya hanyalah almarhum kakeknya. Goku membawa Bulma ke rumahnya di mana dia akhirnya menemukan Dragon Ball empat bintang. Namun, Goku tidak ingin Bulma menyentuhnya karena itu sangat berharga untuknya, jadi Bulma memutuskan untuk mengajak Goku untuk bergabung dengannya untuk mengumpulkan semua tujuh Bola Naga, tapi ia tidak mengungkapkan bahwa Bola Naga akan tersebar ke seluruh bumi setelah permintaan dikabulkan. malam itu ketika berkemah di rumah Kapsul Bulma, Goku diperkenalkan dengan berbagai teknologi seperti televisi, lampu dan bahkan mandi. Keesokan paginya, Goku terkejut ketika ia belajar sedikit tentang anatomi wanita setelah ia mengambil pakaian dalam Bulma ketika ia sedang tidur. Kemudian pagi itu Goku menyelamatkan seekor kura-kura dan membawanya ke pantai, lalu ia bertemu guru kura-kura pertapa bernama Master Roshi. Ketika kura-kura pertapa Master Roshi bertemu mereka, dia memberi Goku awan yang disebut awan kinton karena sudah menyelamatkan kura-kura, tapi hanya orang hati suci yang dapat naik, Karena Goku berhati suci dia tidak mengalami kesulitan. Bulma juga menerima Dragon Ball keluar bintang tiga dengan syarat meninjukan pakaian dalam yang sedang dia pakai(namun dia benar-benar telanjang, karena Goku telah mengambil pakaian dalam Bulma di malam sebelumnya).

Tiga hari kemudian, Goku dan Bulma pergi ke Desa yang berada di bawah kekuasaan penjahat bernama Oolong, yang menculik anak-anak perempuan penduduk desa, Goku memutuskan untuk menghadapiOolong. Setelah mengejarnya di luar desa, Goku berhasil menangkapnya, memaksa Oolong untuk memberikan kembali anak perempuan mereka. Setelah itu, mereka diberi Dragon Ball bintang enam dan Oolong dipaksa untuk bergabung dengan Goku dan Bulma pada pencarian mereka. Ketika melintasi Gurun Diablo dalam perjalanan mereka ke Gunung api, Goku melawan bandit bernama Yamcha, yang berteman dengan seorang mantan teman sekelas Oolong, bernama Puar. Goku dan Yamcha berduel, dan Yamcha terkejut ketika tau bahwa Goku belajar dari seniman bela diri legendaris, Gohan. Setelah melihat Bulma, Yamchamelarikan diri karena takut terhadap perempuan.

Dua hari kemudian, kelompok itu sampai di Gunung Api di mana Goku akhirnya melawan Ox-King setelah dia mencoba untuk membunuh Bulma dan Oolong. Setelah Goku memanggil awan kinton, Ox-King berhenti melawan dan memberitahu Goku bahwa orang yang memberi awan kepada Goku adalah gurunya. Dalam upaya untuk memadamkan api yang mengepung benteng Ox-King di puncak gunung, Goku dikirim untuk mengambil kipas Bansho dari Master Roshi setelah menjemput putri raja sapi, Chi-Chi. Ketika mereka tiba di Pulau Master Roshi ia memberitahu bahwa ia sengaja melemparkan kipas keluar dan memutuskan untuk datang ke sana sendiri dan memadamkan api. Ketika mereka kembali ke Gunung api, Master Roshi menggunakan teknik yang disebut Kamehameha untuk memadamkan api, sayangnya tehnik itu menghancurkan semua gunung. Master Roshi terkejut karena Goku segera dapat meniru tehnik Kamehameha dan menghancurkan mobil mereka. Sementara itu Bulma dan Oolong menemukan Dragon Ball di reruntuhan.

Dalam perjalanan mereka mencari Dragon Ball, mereka beristirahat di sebuah kota yang diperintah oleh sebuah geng yang dikenal sebagai Mafia Kelinci. Sementara di sana, Goku dan Bulma bermasalah dengan mafia kelinci itu, tapi Goku mengalahkan pemimpin mereka dengan bantuan Yamcha. lalu mereka diserang oleh robot yang dikemudikan oleh Shu yang mencuri lima Dragon ball mereka. Yamcha memberi mereka tumpangan ke Kastil Pirafu untuk mendapatkan Dragon Ball kembali. Namun, begitu mereka tiba, mereka terjebak di ruangan yang diisi dengan gas tidur, di mana Dragon Ball bintang empat Goku dicuri. Ketika mereka bangun, seorang kaisar bernama Pirafu memanggil Shenlon dan menggunakannnya untuk menguasai dunia, tetapi rencananya digagalkan ketika Oolong mengajukan permintaan lebih dulu yaitu celana dalam. Setelah mencoba melarikan diri, kelompok itu ditempatkan ke dalam sel khusus yang akan memanggang mereka ketika matahari keluar. Goku akhirnya melihat bulan purnama dan menyebabkan dia berubah menjadi monyet raksasa. Melihat Goku tak terkendali dalam bentuk kera, Yamcha menyuruh Puar menjadi gunting dan memotong ekor Goku, dan akhirnya Goku kembali ke bentuk normal. Keesokan paginya, Oolong mulai berspekulasi bahwa Goku bukan Manusia.

Turnamen beladiri ke21

Setelah menyelesaikan usahanya mencari Bola Naga, Goku meninggalkan Bulma dan yang lain untuk berlatih kepada Master Roshi. Roshi setuju untuk melatih Goku, tetapi dengan syarat membawa seorang gadis cantik. Setelah gagal untuk membawa seorang gadis, murid lain bernama Krillin. Datang dan membantu Goku. Setelah melawan beberapa petugas Polisi akhirnya mereka kembali dengan seorang gadis dengan kepribadian ganda bernama Launch/Ranchi.

Roshi kemudian membawa Goku dan Krillin ke Pulau Pelatihan khusus untuk melatih mereka. Mereka ditempatkan melalui pelatihan yang sangat aneh yang tampak seperti tidak ada hubungannya dengan seni bela diri, seperti mengantar susu dan bekerja konstruksi sambil menggendong rumah kura kura. Setelah kerja keras, keduanya berkembang menjadi pejuang yang paling kuat di Bumi. Setelah 8 bulan pelatihan, Roshi membawa mereka ke Pulau Pepaya untuk bersaing dalam Turnamen Dunia Seni Bela Diri ke-21 untuk menguji pelatihan mereka. Setelah sampai, Goku bertemu kembali dengan teman-temannya Bulma, Yamcha, Oolong dan Puar.. Goku berhasil melewati babak penyisihan dengan mudah.

Goku akhirnya melawan Jackie Chun (Master Roshi yang menyamar) tapi di pertandingan Goku kembali menjadi monyet raksasa setelah ekornya tumbuh kembali, tapi itu bisa diantisipasi oleh Master Roshi dengan menghancurkan bulan. Goku akhirnya gagal memenangkan kejuaraan itu dan diberi tau oleh master Roshi untuk terus berlatih karena diluar sana masih banyak yang lebih kuat darinya.

Melawan tentara Pita Merah

Setelah menjadi runner up di Kejuaraan beladiri sejagat, Master Roshi menceritakan Goku bahwa ia harus keluar dan melihat dunia, Goku memutuskan menggunakan kesempatan ini untuk mencari Dragon Ball bintang empat milik kakeknya. Dari pencariannya ia membantu menyelamatkan Desa Nam lalu pergi ke Desa Giran untuk membuat agar sungai mengalir lagi Setelah menyelesaikan tugas ini, ia memutuskan untuk pergi berenang telanjang di sebuah oasis di mana Radar Dragon miliknya dicuri oleh seorang tunawisma. anak itu menjualnya ke toko barang antik di kota terdekat. Setelah Goku sampai di sana dan mendapat radar kembali, ia menghadapi Kaisar Pirafu, yang memegang Dragon Ball bintang empat. Setelah mengejar Pirafu ke bentengnya, Goku mendapati dragon ball itu palsu. Saat mengikuti sinyal radar ia akhirnya bertemu kembali dengan Chi-Chi yang sedang menyiapkan pesta pernikahan untuknya dan Son Goku. Goku dan Chi-Chi pergi bersama-sama kembali ke Desa Ox-King karena tempat tersebut sedang diserang oleh tentara Pita Merah. Goku dan Chi-Chi melawan pasukan itu tapi mereka melarikan diri. Goku meninggalkan Chi-Chi dan Raja Sapi terburu-buru untuk pergi dan mengejar mereka. Dia sampai di Gurun di mana ia masuk ke benteng Pirafu. Setelah benteng Pirafy hancur, Goku tertangkap dalam ledakan tersebut dan terbangun di sebuah hutan di mana ia bertemu dengan keluarga Monkeys. Setelah Goku menemukan Dragon Ball, ia melawan Kolonel Silver yang menghancurkan Awan kintonnya.

Setelah mendapati dragon ball yang dimilikinya bukan dragon ball bintang empat milik kakeknya, ia naik pesawat dan terbang menuju Dragon Ball berikutnya. Pesawat itu hancur karena mesinnya beku, dan Goku juga membeku. Dia kemudian dibawa ke Desa jingle oleh seorang gadis bernama Suno. Setelah mendengar bahwa Tentara Pita Merah ada di sana juga, Goku pergi ke basis terdekat. Begitu sampai dia dengan mudah mengalahkan tiga tentara dan kemudian melawan sebuah android yang dikenal sebagai Metallitron Mayor. Goku memenangkan pertempuran lalu ia bertarung dengan Ninja Murasaki. Karena Ninja Murasaki kerepotan akhirrnya Jendral White mengirim Android 8, Tapi Android 8 akhirnya berteman Goku bukan melawan dia karena dia tidak suka kekerasan, akhirnya Goku mencapai puncak Menara. Jendral White komandan resort menara mengirim Buyon rakasa peliharaannya untuk melawan Goku. Jendral Putih dikalahkan dan Goku dan Android 8 tinggal di desa itu.

Goku tahu dari salah satu sesepuh desa bahwa awan kinton masih bisa digunakan, lalu Goku pergi ke kota barat ke rumah Bulma untuk memperbaiki Radar Naga nya yang rusak. Goku tiba di rumah Bulma yaitu Capsule Corp dan telah memperbaiki radarnya. Bulma kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Goku untuk usahanya mencari Dragon Ball dengan menggunakan penemuan barunya Band Mikro. Sementara masih di kota Goku bertemu kembali dengan Yamcha, Oolong dan Puar.

Goku dan Bulma pergi ke lokasi Dragon Ball berikutnya yang terletak di bagian bawah laut. Mereka tidak memiliki kapal selam, akhirnya Goku dan Bulma mendapatkan kapal selam dari Master Roshi dan ikut Krillin bergabung dengan mereka. Di bawah laut mereka menemukan Gua Bajak Laut di mana mereka dikejar oleh Jendral Blue dari pasukan Pita Merah Angkatan Darat . Goku mengalahkan Robot Pirate dan gurita raksasa bernama Octopapa sementara Krillin dan Bulma sedang diserang oleh Jendral Blue. Goku tiba untuk menyelamatkan mereka tapi Goku menjadi lemah karena sihir Jendral Blue. Goku mampu membebaskan diri ketika tahu bahwa Jendral Blue takut tikus. Sementara gua mulai runtuh Goku cepat mencari Dragon Ball dan menyelamatkan tikus yang membantunya. Bulma dan Krillin segera kabur menggunakan kapal selam. Ketika mereka tiba kembali di Kame House, Jendral Blue mengikat semua orang dan mencuri Dragon Ball dan meletakkan bom di pulau itu untuk membunuh mereka. Untungnya, Goku bisa menggagalkan ledakan bom itu.

Goku akhirnya mengejar Jendral Blue ke Pulau dimana terdapat desa bernama Desa Penguin. Disana dia bertemu Arale Norimaki dan Gacira yang mencoba untuk membantu Goku mencari Jendral Blue dan Dragon ball. Arale memperkenalkan Goku kepada Taro dan Akane yang tampaknya tertarik dengan awan kinton. Arale mengajak Goku ke rumahnya untuk menemui Profesor Senbei yang bisa memperbaiki radarnya. Sementara di rumah Norimaki Jendral Blue muncul untuk mencuri pesawat Senbei dan melawan Goku lagi. Sementara dia menggunakan sihir lagi pada Goku, Arale dengan mudah mengalahkan Jendral Blue dan melemparnya dengan jauh. Tapi Dragon ball dan Radar Goku dicuri oleh Blue. Akhirnya, Turbo anak Senbei menggunakan kekuatannya untuk membuat radar yang baru dengan bagian-bagian dari pesawat Senbei sehingga ia dapat melanjutkan pencariannya.

Lokasi berikutnya Goku adalah Tanah Suci Karin. Di sana ia bertemu dua orang suku asli, seorang prajurit yang bernama Bora dan anaknya Upa. Melihat bahwa prajurit terbaik mereka telah gagal melawan Goku, Tentara Pita Merah menyewa pembunuh paling mematikan di dunia, Tao Bai Bai, untuk membunuhnya.Tao tiba dan Bora dibunuh. Dia kemudian melawan Goku. Goku kalah lawan Tao Bai Bai dalam pertempuran dengan jurus Dodonpa, tapi selamat karena Dragon ball bintang empat di kemejanya melindunginya dari serangan itu. Sementara Tao memutuskan untuk tinggal di sebuah kota selama beberapa hari, Goku memutuskan untuk mendaki menara Karin untuk mendapatkan air suci Karin. Ketika sampai ke puncak dibutuhkan waktu tiga hari untuk merebut air suci dari pendeta Karin. Ketika Tao Bai Bai kembali, Goku bisa mengalahkan Tao dalam pertempuran ketika ia menendang balik geranat yang dilemparkan oleh Tao Bai Bai.

Merasa sedih karena Upa kehilangan ayahnya, Goku memutuskan akan mengalahkan Tentara Pita Merah dan mengumpulkan seluruh Bola Naga untuk menghidupkan ayah Upa kembali. Goku pergi ke Markas Tentara utama Pita Merah untuk mengalahkan mereka. Sementara Goku yang melawan beberapa tentara, Staf Pejabat Black membunuh Komandan Red setelah mengetahui bahwa ia hanya ingin mencari dragon ball untuk menjadi tinggi. Goku melawan Black yang menggunakan robot, Goku mengalahkan seluruh pasukan dan mengumpulkan enam Dragon Ball. Ketika Goku meninggalkan markas Pita Merah ia melihat semua teman-temannya di luar sedang siap untuk membantunya, tapi Goku mengatakan kepada mereka bahwa dia sudah mengalahkan mereka.


Bertarung dengan pendekar peramal Baba

Setelah kemenangan Goku melawan Tentara Pita Merah ia masih kehilangan satu bola Naga untuk menghidupkan kembali Bora, tapi Radar Naga Bulma tidak bisa menemukan dragon ball terakhir. Master Roshi menceritakan tentang Goku bahwa Baba kakak nya yang dapat menemukannya. Goku memutuskan untuk ke Istana peramal Baba dengan Yamcha, Krillin, Upa dan Puar.. Baba ternyata tidak begitu murah hati, memaksa mereka untuk melawan lima prajurit terkuat untuk mendapatkan permintaan mereka. Dua prajurit diurus oleh teman-teman Goku, tapi Yamcha dikalahkan oleh prajurit ketiga, yaitu Mumi. Goku, bertarung terakhir melawan Mumi dan Iblis Setelah itu, Goku yang melawan pejuang kelima, yang tampaknya sangat akrab bagi Goku dan Roshi (yang telah bergabung sebagai penonton).. Goku mampu memenangkan pertarungan, dan pejuang kelima ternyata adalah Kakek Gohan, yang dibawa kembali dari Dunia orang mati selama sehari. Baba mengungkapkan Dragon Ball ada dalam Kotak Kaisar Pirafu. Goku menghadapi Pirafu dan robot barunya, dan dengan mudah mengalahkan mereka. Dengan semua Dragon Ball yang ada, Goku mampu memanggil Shenron dan menghidupkan Bora.

Bertemu Tenshinhan dan Chaoz

Pada saat Kejuaraan Bela Diri sejagat ke22 dimulai, Goku sudah berumur 15 tahun (meskipun ia masih terlihat seperti anak anak) lawan Goku terkuat adalah Tien Shinhan. Seperti Yamcha dan Puar, Tien bersama dengan Chaoz sahabatnya akhirnya akan berpihak dengan Goku.

Di babak penyisihan, Goku sudah diatur untuk melawan juara dari Turnamen Dunia sebelumnya, Raja Chappa. Goku dengan mudah mengalahkannya, dan kemudian melanjutkan untuk mengalahkan Panpoot, bintang film terkenal, di perempatfinal. Di semifinal Goku sudah diatur untuk berhadapan dengan sahabatnya, Krillin, dan mengalahkannya setelah pertempuran sengit. Goku akhirnya melawan Tenshinhan di final. Selama pertandingan, Goku berulang kali lumpuh dan ditembaki oleh Chaoz dengan teknik Telekinesis nya, atas perintah Guru Shen. Setelah Goku dibebaskan dari Telekinesis Chaoz itu, pertandingan terus seperti biasa sampai Tenshinhan memutuskan untuk menggunakan serangan meriam tenaga dalam untuk menghancurkan arena. Di atas udara, Goku menyerang Tenshinha dengan menggunakan Kamehameha untuk mendorong dirinya ke perut Tenshinha. Jatuh dengan kecepatan yang sama, Goku menyentuh tanah pertama setelah menabrak sebuah mobil, dan akhirnya Tenshinhan berhasil menjadi juara.


Raja Iblis Picollo

Tepat setelah kejuaraan beladiri sejagat selesai, Raja Piccolo muncul. Krillin dibunuh oleh Tambourine, salah seorang anak Picollo. Goku marah dan mengejar Tambourine, Karena masih lelah setelah bertarung dengan Tenshinhan, Goku dapat dikalahkan oleh Tambourine. Ketika sedang memulihkan diri, Goku bertemu seorang samurai bernama Yajirobe yang memiliki Dragon Ball. Cymbal, salah lagi anak Piccolo, dikirim untuk mendapatkan Dragon Ball, tapi dibunuh oleh Yajirobe. Setelah merasakan kematian Cymbal, Piccolo mengirim Tambourine untuk menemukan pembunuh Cymbal. Setelah melihat Tambourine lagi, Goku akhirnya mengalahkan Tambourine. Piccolo akhirnya muncul dan mengalahkan Son Goku sehingga jantung Goku sempat berhenti berdetak, akhirnya Yajirobe membawa Goku ke menara Karin untuk disembuhkan.

Sementara itu, Master Roshi dan Chaoz mencoba menghentikan Piccolo yang sedang mengumpulkan Bola Naga, tapi keduanya gagal dan tewas. Raja Piccolo memanggil Shenron meminta agar dirinya jadi muda kembali.

Setelah Goku sembuh ia diberi air suci oleh pendeta karin. Goku minuman air itu dan bertambah kuat, kemudian Piccolo melahirkan anak yang bernama Drum lalu Tenshinhan menantangnya.. Menjelang akhir Piccolo Raja pertarungan menggunakan Tenshinhan sebagai sandera agar Goku menyerah. Goku hampir melanjutkan pertarungan karena meskipun Tenshinhan mati, ia bisa menghidupkan kembali Tenshinhan dengan Dragon Ball, tapi Piccolo mengatakan bahwa ia telah menghancurkan Shenron. Hal ini membuat Goku hampir menyerah.

Goku berakhir dengan patah tangan dan dua kaki akibat serangan Piccolo. Piccolo menyerang Goku lewat udara sebagai serangan terakhirnya, Goku yang marah atas kematian Krillin dan Master Roshi, meyerang Piccolo hanya dengan satu tangan dan akhirnya menewaskan raja iblis Piccolo. Beberapa saat sebelum kematian Raja Piccolo, dia berhasil meludahkan telur yang berisi anak sekaligus reinkarnasi dari dirinya sendiri untuk membalaskan dendam kematian dan penyebaran kejahatan di seluruh planet.

Reinkarnasi raja Iblis Piccolo

Setelah Son Goku mengalahkan Piccolo, dia pergi ke menara Karin, pendeta karin mengatakan tentang istana dewa dimana ada dewa yang menciptakan Dragon Ball, dan mungkin dapat menghidupkan kembali Shenron. Di istana dewa Son Goku mengatasi tantangan Mr Popo tentang kecepatan, dan Dewa bumi menhidupkan Shenron kembali. Mwelalui Dragon Ball, Krillin, Chaoz dan Master Roshi dapat hidup kembali, Sebagai imbalannya dewa meminta Son Goku untuk berlatih untuk Turnamen Dunia Seni Bela Diri ke 23 untuk mengalahkan Piccolo Jr, yang ingin membalas dendam pada Goku yang telah membunuh ayahnya. Dewa memutuskan ekor Son Goku secara permanen karena ingin mengembalikan bulan yang telah hancur.

Son Goku kembali tiga tahun kemudian pada usia 18 tahun dan bertemu dengan teman-temannya di kejuaran. Di babak penyisihan, Son Goku melawan Raja Chappa, yang ingin membalas kekalahan tiga tahun lalu, di perempatfinal Son Goku melawan perempuan tak dikenal yang tampaknya dia kenal dengan Son Goku, Setelah Son Goku menang, wanita mengungkapkan dirinya adalah Chichi, yang ternyata Son Goku berjanji untuk menikahinya. Sebelum meninggalkan arena, Son Goku akhirnya melamar Chichi.

Di semifinal Goku Tenshinhan. Son Goku menang, dan akhirnya dia melawan Piccolo Jr di babak final. Pertarungan berlangsung selama beberapa saat, tapi ketakutan menyebar ketika penonton tahu bahwa dia adalah raja iblis Piccolo. Piccolo Jr berubah menjadi bentuk raksasa dan merusak arena kejuaraan. Pada akhirnya, saat Son Goku akan mati, ia berhasil menyerang Piccolo sehingga keluar arena dan akhirnya Goku menang.

Setelah Son Goku mengalahkan Piccolo Jr, ia pergi dengan Chichi ke Desa sapi untuk mempersiapkan pernikahan mereka. Tetapi api membakar istana sapi, Son Goku dan Chichi pergi untuk menemukan Kipas Bancho untuk memadamkan api. Ketika mereka menemukannya, mereka dipaksa untuk melawan Annin, penjaga perbatasan antara dunia hidup dan yang lain Dunia. Son Goku mengalahkan Annin dan kembali dengan kipas lalu berhasil memadamkan api. Son Goku dan Chi-chi akhirnya menikah dan mengakhiri seri Dragon Ball dan berlanjut ke Dragon Ball Z.


Dragon Ball Z


Serangan Bangsa Saiya

Pada awal dari seri Dragon Ball Z, Son Goku sudah berumur sekitar 23 tahun, dan masih tinggal di Gunung Paozu di sebuah rumah yang baru dibangun di dekat rumah lamanya, bersama istrinya Chichi dan putranya yang berumur 4 tahun, Gohan, nama Gohan diambil dari nama Kakek angkat Son Goku. Tetapi ancaman baru datang dari ruang angkasa, Raditz, kakak Son Goku mengungkapkan kepada Son Goku bahwa dia bukan makhluk bumi tapi makhluk dari planet Bejita, dan memberitahu dia bahwa ia pada awalnya dikirim ke bumi untuk menghancurkan penduduk planet dan mempersiapkannya untuk dijual, tetapi Goku lupa tentang hal itu karena cedera kepala saat bayi. Goku dan Piccolo bergabung untuk melawan Raditz. Bahkan dengan kekuatan gabungan mereka, Raditz masih lebih unggul, sampai Son Goku membuat pengorbanan dengan memegang Raditz agar Piccolo dapat membunuhnya dengan jurus Sinar Pancaran Iblis, akhirnya raditz tewas bersama Goku, namun, Raditz ,memberitahu Piccolo dan Son Goku bahwa dua orang Saiya yang lebih kuat akan datang dan akan tiba dalam satu tahun.

Setelah Son Goku meninggal, dewa membawanya ke akhirat dan meminta raja ema untuk membawa Son Goku ke raja kaioo untuk dilatih, sebelum menemui Kaioo, Goku harus berlari menyusuri Jalur naga, Goku akhirnya sampai di dunia Kaioo tapi dia harus menceritakan lelucon agar bisa dilatih, Goku akhirnya selesai berlatih dan menguasai Jurus Kaioo ken, Sampai di Bumi Goku terlambat karena teman temannya telah dibunuh oleh bangsa Saiya, akhirnya Goku datang dan mengalahkan Nappa.

Goku akhirnya melawan Bezita dan berhasil menghajarnya sampai babak belur menggunakan jurus Kaioo Ken dan Bola semangat, tapi AGoku membiarkan Bezita selamat dan menuruhnya pergi dari planet Bumi.

Perjalanan Ke Planet Namek

Setelah pertempuran dengan Bezita, Son Goku yang terluka parah, dan pendeta Karin kehabisan kacang ajaib, jadi Son Goku harus tinggal di rumah sakit dengan Chichi sementara Gohan, Krillin dan Bulma pergi ke planet Namek untuk mencari Dragon Ball untuk menghidupkan kembali teman-teman mereka tewas, Setelah beberapa minggu, kacang ajaib akhirnya tumbuh dan Yajirobe langsung memberikannya kepada Goku, Son Goku kemudian menggunakan pesawat ruang angkasa baru Dr Brief untuk pergi ke Namek Selama perjalanannya ke Namek, mesin gravitasi dibuat untuk Son Goku latihan.

Sesampainya di Namek, sekali lagi Goku memasuki pertempuran, dia menyelamatkan Gohan, Krillin, dan Bezta dari serangan Recoome, anggota satuan tempur elit Frieza, Pasukan Ginyu. Goku kemudian mengalahkan Burter tapi, Kapten Ginyu memiliki kemampuan untuk bertukar tubuh dengan siapa pun. setelah Kapten Ginyu melukai dirinya sendiri, dia menukar tubuhnya dengan Goku lebih tetapi tidak dapat sepenuhnya mengontrol tubuh barunya. Vegeta mengambil kesempatan ini untuk menyerangnya hingga babak belur. Goku berhasil mendapatkan tubuhnya kembali setelah menghalangi Kapten Ginyu yang akan menukar tubuhnya dengan Bezita.

Tubuh Goku yang terluka dibawa ke mesin penyembuh milik Freeza, setelah sembuh selama 50 menit Goku bergabung untuk bertarung melawan Freeza,awalnya Goku kewalahan melawan Freeza, tapi saat Piccolo terluka parah dan Krillin dibunuh, Goku menjadi murka dan melalui emosi yang meletup dari hati yang tenang dia berubah menjadi manusia saiya super dan berhasil membasmi Freeza, tapi Planet namek yang mengalami kehancuran meledak bersama dengan Goku, teman-temannya mengira dia tewas tapi ternyata Goku selamat dan pergi ke suatu pelanet dan pulang dua tahun kemudian.


Android

Goku yang selamat dari ledakan di Planet Namek sampai di suatu Planet bernama Planet Yadorat, di sana dia berlatih ilmu yang agak aneh yaitu ilmu perpindahan dalam sekejap.

Dua tahun kemudian, pada usia ke 26 (secara fisik berumur 25 karena dia mati selama setahun), Goku kembali ke bumi di mana ia bertemu dengan Trunks, anak dari Bezita dan Bulma di masa depan. Dia bisa berubah menjadi manusia saiya super lalu membunuh Freeza dan ayahnya yang menyerang bumi beberapa saat sebelum kedatangan Goku. Trunks lalu menguji kekuatan Goku dengan menyerang Goku mati-matian dengan pedangnya, tapi Goku berhasil menghalau serangannya hanya dengan satu jari.

Trunks memberikan obat untuk penyakit jantung kepada Goku karena 2 tahun kemudian Goku akan terserang penyakit jantung melalui Virus. Trunks masa depan juga memperingatkan Goku tentang dua manusia buatan yang akan mengancam bumi dalam tiga tahun mendatang. Goku, Gohan dan Piccolo kemudian menghabiskan tiga tahun untuk berlatih menghadapi manusia buatan.

Tiga tahun kemudian, dua androids, Dr Gero (Manusia buatan nomor 20) dan Nomor 19, muncul dan menyerang sebuah kota. Para Z Fighter menghadapi mereka. Meskipun menjadi Super Saiyan, Goku dapat dikalahkan oleh Nomor 19 karena penyakit jantung yang diramalkan itu menyerangnya di tengah pertarungan. Bezta yang bisa berubah menjadi manusia saiya super berhasil menyelamatkan Goku sebelum ia dapat dikalahkan oleh Nomor 19. ​​Yamcha mengambil Goku ke Chi-Chi untuk mendapatkan obat yang akan menyelamatkan Goku dari virus pembunuh. Segera setelah itu, Dr Gero lari ke laboratorium untuk mengaktifkan Manusia buatan Nomor 17 dan nomor 18. Namun, mereka malah membunuh Dr Gero dan mengaktifkan Manusia buatan Nomor 16 dan mulai mencari Goku.


Pertarungan Melawan Cell

Sementara Fighters Z mencoba dan gagal untuk menghentikan androids, Piccolo menemukan ancaman baru bernama Cell, sebuah makhluk biologis ciptaan Dr Gero, dibuat dengan DNA yang diambil dari Goku teman-teman dan musuhnya mereka berperang di masa lalu. Cell dirancang untuk menghisap Nomor 17 dan Nomor 18 agar memperoleh wujud sempurna dan membunuh Son Goku, Sementara itu, setelah Goku sembuh dari penyakitnya, dia mengajak Gohan, Bezita, dan Trunks dan ke ruang Waktu dan jiwa di istana dewa untuk latihan selama setahun. Bezita dan Trunks masuk lebih dulu dan, sementara Goku dan Gohan masuk belakangan. Goku menyadari bahwa bangsa Saiya berdarah campuran seperti Trunks dapat menjadi manusia Saiya Super, jadi ia melatih Gohan agar bisa menjadi manusia Saiya Super. Setelah Goku dan Gohan menyelesaikan latihan mereka, Cell mengumumkan bahwa ia akan mengadakan pertandingan beladiri yang dinamakan Cell game dalam sepuluh hari lagi. Selama sepuluh hari, Goku dan Gohan tinggal di Bumi untuk berlatih dan bersantai sambil mempertahankan bentuk super Saiyan mereka sepanjang waktu.. Goku juga menggunakan waktu itu untuk melakukan perjalanan ke planet Namek untuk meminta Dende agar menjadi dewa baru di Bumi.

Setelah sepuluh hari telah berlalu, Z Fighters ikut serta dalam Cell Game, dan Goku menawarkan untuk menjadi yang pertama melawan Cell. Goku sadar dirinya hampir tidak bisa menang melawan Cell wujud sempurna. Bahkan setelah mencoba Kamehameha Instan (kombinasi dari Jurus pindah dalam sekejap dan Kamehameha), yang menghancurkan bagian atas tubuh Cell, ia menyaksikan dengan ngeri saat Cell kembali pulih dengan mudah. ​Goku memutuskan untuk menyerah dan mengajukan Gohan yang ia yakini memiliki kekuatan tersembunyi yang diperlukan untuk mengalahkan Cell. Ketika Cell menghancurkan Nomor 16, ini memicu emosi Gohan dan membuatnya berubah menjadi Super Saiyan 2. Gohan berhasil menghajar Cell sampai memuntahkan kembali Nomor 18 sehingga Cell kembali ke wujud tidak sempurna.

Ketika cell sudah merasa akan kalah, dia berusaha untuk meledakan dirinya sekalian menghancurkan planet bumi. Goku yang tidak bisa berbuat apa apa membawa Cell ke dunia kaioo dengan jurus pindah dalam sekejap, tapi Goku tewas bersama dengan Kaioo. Tapi yang mengejutkan muncul ketika Cell muncul kembali dan tidak tewas, Gohan yang marah karena ayahnya terbunuh berhasil mengalahkan Cell dengan jurus Kamehameha. Setelah kekalahan Cell, Goku menegaskan bahwa ia harus tetap mati, meskipun dia bisa dihidupkan lagi, karena ia menarik banyak masalah ke bumi, seperti Freeza dan Dr Gero. Goku memutuskan akan lebih aman bagi Bumi jika ia tidak kembali dan Bumi memiliki Gohan untuk melindunginya jika diperlukan.


Penyihir Jahat Iblis Babidy

Tujuh tahun kemudian pada usia 36 tahun (secara fisik 28 tahun karena dia pernah mati), Goku diberikan izin khusus untuk kembali ke bumi selama satu hari untuk berpartisipasi dalam Turnamen beladiri sejagat. Di bumi ia bertemu anak keduanya, Goten yang lahir setelah kematiannya di Cell Game, dan Videl, pacar Gohan yang merupakan putri dari Mr Satan. Goku yang melawan Vegeta dalam pertandingan 6, akhirnya bisa menyelesaikan persaingan mereka, tetapi harus ditunda karena muncul penjahat bernama Babidi yang berniat membebaskan manusia iblis Bhu.

Monster Iblis Bhu

Goku dan Bezita bertarung atas kemauan Bezita, tapi di tengah pertarungan mereka, Manusia Iblis bhu bangkit karena mendapat energi yang cukup dari pertarungan Goku dan Bezita, walaupun pertarungan mereka seimbang, tapi Goku berhasil dilumpuhkan oleh Bezita dengan tipuannya, akhirnya Bezita bertarung melawan Iblis Bhu sendirian dan tewas dengan terhormat.

Ketika Trunks pergi mengambil radar Dragon ke kota barat, Goku pergi menghadapi Bhu yang sedang menuju kota barat untuk di hancurkan,
Goku akhirnya bertarung melawan Bhu dengan wujud Manusia Saiya Super 3, walau Goku masih bisa mengimbangi kekuatan Bhu, tapi perubahan menjadi Super Saiya 3 menghabiskan banyak energi sehingga Goku harus pulang ke dunia orang mati lebih cepat dari semestinya, dan padahal dia harus mengajarkan Fushion kepada Goten dan Trunks.





Rencana Fushion

Goten dan Trunks yang diajari Fushion oleh Goku gagal mengalahkan manusia iblis Bhu karena berhasil di hisap, Gohan yang berhasil menjadi lebih kuat dengan bantuan kakek Kaioo Shin juga gagal menghadapi Bhu, akhirnya dengan bantuan nyawa yang diberikan kakek Kaioo Shin, Goku berhasil hidup kembali dan menantang Bhu sekali lagi, tapi untuk mengalahkan Bhu, Goku harus bergabung dengan seseorang yang kuat, di tengah kebingungan itu muncul Bezita yang dikirim dari dunia orang mati untuk menghadapi Bhu, Goku pun berhasil membujuk Bezita untuk bergabung menjadi Bezit (Vegito)

Penggabungan Goku dan Bezita berhasil mendesak Bhu untuk menghisap Bezit ke dalam tubuhnya, itu memang sudah di rencanakan sebelumnya untuk membebaskan Gohan, Goten, Trunks dan yang lain yang dihisap oleh Bhu, tapi di dalam tubuh Bhu Goku dan Bezita terpisah penggabungannya karena perubahan udara yang ada di dalam tubuh Bhu, Goku pun harus mencari cara lain untuk mengahadapi Bhu.

Pertarungan Terakhir

Bhu yang berubah menjadi wujud aslinya berhasil menghancurkan bumi, tapi di detik terakhir Goku berhasil menyelamatkan Mister Satan dan Dende tapi gagal menyelamatkan Gohan dan yang lain. Dengan wujud Super Saiya 3 sekali lagi Goku melawan Bhu tapi untuk membasmi Bhu perlu waktu satu menit untuk mengumpulkan tenaga, akhirnya Bezita meneruskan pertarungan dan terdesak, Bhu memuntahkan Bhu gemuk yang dihisapnya, Bhu gemuk melawan Bhu kecil untuk mengulur waktu, sementara itu Goku dan Bezita meminta Dende untuk mengumpulkan Dragon Ball dan meminta permintaan yaitu mengembalikan Bumi ke kondisi semula dan menghidupkan orang mati sejak di adakannya kejuaraan bela diri sejagat.

Dengan meminta energi dari seluruh penghuni Bumi, Goku menggunakan jurus Bola Semangat (Genkidama) untuk mengalahkan Bhu kecil, tapi energi Goku sudah habis terkuras sejak pertarungannya sebagai Manusia Saiya Super 3, dan dengan permintaan terakhir dari Dragon Ball, kekuatan Goku berhasil dipulihkan dan membasmi Manusia Iblis Bhu.

10 tahun kemudia di usia yang ke 46 (secara fisik 38), Goku mengikuti kejuaraan bela diri sejagat lagi untuk mencari reinkarnasi dari manusia iblis Bhu yang 10 tahun lalu di kalahkannya, akhirnya reinkarnasi dari manusia iblis Bhu di temukan yaitu pemuda berumur10 tahun bernama Ubh dari pulau selatan, dengan bantuan sihir dari Bhu (Bhu gemukberubah jadi baik), Goku akhirnya bertarung melawan Ubh untuk mengetahui kekuatannya, di tengah pertarungan Goku dan Ubh meninggalkan kejuaraan dan berlatih di pulau selatan, dan berakhirlah era Dragon Ball Z.


Dragon Ball GT

Mencari Dragon Ball Bintang Hitam

DI usia 51 tahun (secara fisik 43; sebelum mengecil karena shenlon) Goku bertemu musuh lamanya yaitu Pirafu (philaf) yang mengincar Dragon Ball, Pirafu berhasil menemukan Dragon Ball dan memanggil sang naga, tapi akibat kesalahpahaman pirafu malah meminta Goku menjadi anak anak lagi, Goku yang dengan tubuh anak anak harus mencari Dragon Ball bintang hitam yang tersebar ke luar angkasa karena jika dalam 1 tahun tidak berhasil di kumpulkan maka Bumi akan hancur.

Pertarungan melawan Baby, parasit jahat

Goku Trunks dan Pan sampai di planet M2, disana mereka bertemu penjahat bernama Dr, Myu yang menciptakan parasit jahat bernama Baby, parasit itu bisa masuk ke tubuh seseorang dan menggunakan kekuatan orang itu untuk berbuat kejahatan, Goku dan Trunks berhasil di tangkap tapi Goku dapat di bebaskan oleh Pan, Baby masuk ke tubuh Trunks tapi hanya sebentar.

Goku, Trunk, dan Pan kembali ke Bumi untuk mengembalikan Dragon Ball Bintang Hitam tapi ternyata Parasit Baby berhasil ikut ke bumi dan merasuki tubuh Bezita. Bezita yang awalnya memiliki sifat jahat menjadi lebih jahat dan kuat. Sedangkan Goku walau berubah menjadi Super Saiya 3 tidak berhasil mengalahkannya. Dan dengan bantuan Kakek Kaioo Shin, ekor Goku kembali ditumbuhkan agar Goku bisa menjadi Monyet Raksasa dan mengalahkan super Baby Bezita.

Goku yang berhasil menumbuhkan ekornya berubah jadi Monyet Besar tapi keheilangan kesadarannya, Pan yang khawatir dengan kakeknya menangis dan memunculkan kesadaran Goku, Goku pun kembali ke tubuh semula tapi dengan wujud Super Saiya 4 dan berhasil mengalahkan Super Baby Bezita.

Super 17, the ultimate android

Goku masih dalam wujud anak-anak dan ikut kejuaraan bela diri sejagat tingkat anak-anak, keadaan menjadi damai ketika acara makan-makan di rumah Goku, Trunks dengan keadaan babak belur datang dan mengabarkan bahwa Dr. Myu dan Dr. Gero merencanakan sesuatu di neraka untuk menghancurkan Bumi, Goku pergi ke Neraka dan bertemu Freeza dan Cell, tapi Goku gagal pergi dari Neraka sementara planet bumi dalam keadaan kacau karena Nomor 17 menjadi jahat dengan kendali dari Dr. Myu.


Super nomor 17 menjadi sangat kuat sekali, para Z fighter gagal mengalahkannya, Nomor 18 yang marah karena krillin dibunuh maju ikut bertarung bersama Goku, dan dengan bantuan Nomor 18, Goku berhasil mengalahkan Super Nomor 17 dengan jurus Dragon Fist.





Naga Jahat

Karena banyak orang yang mati dibunuh oleh Super Nomor 17, Goku dan kawan kawan berniat menghidupkan kembali mereka yang mati, tapi ketika Shenlon di panggil salah satu Dragon Ball retak dan mengeluarkan asap hitam, dengan kejadia itu munculah 7 naga jahat yang hidup karena Dragon ball terlalu banyak digunakan.

Goku dan Pan bertualang mencari dan membasmi naga jahat, tapi naga terakhir menghisap seluruh Dragon Ball dan menjadi sangat kuat, Goku yang bahkan berubah jadi manusia Saiya Super 4 tidak bisa mengalahkannya, akhirnya Bezita muncul dengan wujud Manusia Saiya Super 4 dengan bantuan dari Bulma, Goku dan Bezita yang berubah jadi Super Saiya 4 melakukan Fushion menjadi Supe Saiya 4 Gogeta dan melawan naga jahat, tapi naga jahat berhasil dikalahkan oleh Goku menggunakan Jurus Genkidama. 

Orang-orang menyaksikan kejadian itu dan menyadari bahwa Goku adalah pahlawan, setelah itu Shenlon kembali seperti semula dan tidak bisa muncul lagi dalam wakt yang lama setelah mengabulkan permohonan memperbaiki Nomor 17. Goku memutuskan untuk menemani naga dan berlatih tapi sebelum itu Goku mengatakan kepada Bezita bahwa nasib semua orang dibumi ada di tangannya. 


Satu abad kemudian saat Pan menyaksikan pertarungan di kejuaraan bela diri sejagat, dia melihat penampakan Goku (dengan wujud dewasa dan tanpa ekor), Pan berusaha mengejaranya tapi dia menghilang, kemudian Goku terlihat terbang di udara dan menghilang sambil mengucapkan "Sampai jumpa lagi".




 Dragon Ball Movie

Goku muncul disemua Dragon Ball Movie

Dead Zone 
Empat tahun setelah kemenangan melawan Piccolo Jr muncul seorang penjahat bernama Garlic Jr yang menculik Son Gohan untuk mendapatkan Dragon Ball yang ada di topinya, Goku, Krillin dan Piccolo untuk perta kalinya bekerja sama melawan musuh, Garlic Jr mencoba untuk menghisap mereka dan melihat Goku dalam bahaya, Gohan marah dan berhasil mengalahkan Garlic Jr.

The World's Strongest
Bulma Dan Kakek Mutenroshi diculik oleh Dr. Wheelo, Goku yang dibantu oleh Gohan dan Krillin berusaha menyelamatkan mereka, setelah menghadapi beberapa anak buah dari Dr. Wheelo, Goku akhirnya berhadapan langsung dengan Dr. Wheelo dan berhasil mengalahkannya dengan jurus genkidama.

The Tree Of Might
Di Movie ini Goku dan teman-temannya berhadapan melawan Turles, orang Saiya yang berhasil lolos dari ledakan planet Bezita dan berusaha menanam Pohon kekuatan di bumi, Goku dan teman-temannya berusaha menghalangi niat jahat Turles dan mencegahnya menanam pohon itu tapi semua teman Goku kalah oleh pasukan Turles, Goku yang menghadapi Turles dengan jurus Kaioo ken bisa mengimbangi kekuatan Turles, tapi setelah Turles memakan buah kekuatan dari pohon yang ditanamnya Goku mengalami kesulitan, tapi akhirnya dapat menang dengan jurus Genkidama.


Lord Slug
Slug adalah orang Namek tua yang bertualang ke eberapa planet, suatu saat Slug datang ke planet Bumi untuk menjadikannya rumah sementara, tapi dia ternyata berniat jahat dan berusaha mengumpulkan Dragon Ball untuk niatnya itu, Goku, Gohan dan Piccolo bertarung melawan Slug, Goku melawan Slug dengan jurus setengah Super Saiya, tapi setelah Slug berubah jadi raksasa, keadaan mulai genting, akhirnya dengan bantuan dari Piccolo Goku berhasil mengalahkan Slug dengan jurus Kaioo ken dan Genkidama.


Cooler Revenge
Di Film ini Cooler kakak dari Freeza datang ke bumi untuk membalaskan dendam atas kematian Freeza, Cooler menyerang bumi saat Goku dan teman temannya sedang berkemah, tapi Goku mengalami luka parah sehingga harus bersembunyi di dalam Goa sementara Gohan pergi ke pendeta Karin untuk mendapatkan kacang ajaib, Goku yang berhasil sembuh dan melawan Cooler dengan wujud super saiya menggunakan jurus Kamehameha dan mengirim Cooler ke matahari.

Return Of Cooler 
Planet Namek yang baru menghadapi bahaya, Goku yang mengetahui hal itu pergi ke planet Namek bersama teman temannya untuk menolong Manusia Namek, tapi setelah sampai Planet Namek ternyata muncul Cooler dalam bentuk robot, Goku dengan wujud Manusia Saiya Super melawan Cooler dibantu oleh Bezita yang juga sudah bisa menjadi Super Saiya.


Super Android 13!
Ketika Goku dan keluarganya pergi berbelanja mereka diserang oleh sekumpulan Manusia Buatan yaitu Manusia Buatan Nomor 14 dan 15 yang bertujuan untuk mengalahkan Goku, Akhirnya Manusia buatan Nomor 14 dan 15 berhasil dikalahkan oleh Trunks dan Bezita, tapi muncul Manusia Buatan yang lebih kuat yaitu Nomor 13, Goku yang menjadi Manusia Saiya Super berusaha menggunakan jurus Genkidama untuk mengalahkannya.


Broly Legendary Super Saiya
Goku yang sedang mendaftarkan Gohan ke sekolah barunya mendapat kabar dari Kaioo bahwa akan muncul Manusia Saiya Super Legendaris, Goku yang merasakan bahaya pergi ke planet Bezita yang baru dimana Bezita didaulat sebagai Raja Bezita yang baru oleh Paragus, tapi ternyata anak dari Paragus yaitu Broly ternyata adalah Super Saiya Legendaris yang dendam terhadap Goku. Paragus yang ternyata hanya memanfaatkan bezita untuk membalaskan dendam terhadap raja Bezita sebelumnya tewas ditangan anaknya sendiri, Goku dan teman temannya melawan Broly dan meledakan Planet Bezita yang baru.


Bojack Unbound
Ketika Goku mati, dibumi diadakan kejuaraan yang diselenggarakan oleh Bojack, makhluk yang lolos dari Neraka ketika Cell meledakan dirinya di planet Kaioo, para Z Fighter termasuk Gohan tidak bisa mengalahkan Bojack, dan ketika Gohan dalam keadaan bahaya, Goku datang melanggar hukum orang mati dengan menggunakan jurus teleport dan menghajar Bojack untuk menyelamatkan Gohan. Goku meyakinkan Gohan bahwa Gohan bisa mengalahkan Bojack, Akhirnya gohan berubah menjadi Super Saiya 2 dan mengalahkan Bojack.

Plan to Eradicate the Saiyans  
Dalam hal ini, khusus Goku dan teman-temannya pergi untuk menyelidiki gas yang disebut Destron yang telah terakumulasi di Bumi, dan secara perlahan membunuh makhluk hidup. Gas berasal dari empat titik yang berbeda, tapi sebelum berpisah untuk menutupi mereka semua, Goku dan Z-Fighters diserang oleh beberapa monster aneh. Goku menemukan bahwa gas Destron juga mencegah mereka dari menggunakan serangan Energi. Goku pergi ke Apron Grand, dan menghancurkan generator ada setelah mengalahkan wali, dan setelah bergabung kembali dengan teman-temannya, mereka menghancurkan generator tersisa di Tanah Es. Namun, satu lagi muncul di Ibukota Barat, sehingga Z-Fighters ke sana untuk menghancurkannya juga. Sementara di sana, mereka harus berjuang prajurit hantu Cooler, Turles dan Slug Tuhan, dan akhirnya mengalahkan mereka.

Namun, dalam rangka untuk menghancurkan generator, mereka harus melakukan perjalanan ke Planet Hitam dan mengalahkan Dr Raichi. Setelah beberapa masalah, mereka mampu untuk mencapai Planet Hitam, dan menemukan bahwa semuanya adalah tipuan dari Dr Raichi untuk membalas Tuffles yang hancur oleh Saiyans tahun yang lalu. Dr Raichi melepaskan penciptaan utamanya, Hatchiyack, dan setelah pertarungan panjang, Goku dan teman-temannya mengalahkan mereka. Ini menghancurkan generator tersisa di Bumi.

 
Broly: Second Coming
Di Movie ini Goku muncul diadegan terakhir untuk membantu anak-anaknya mengalahkan Broly, Goku, Gohan, dan Goten menggunakan jurus Kamehameha yang di sebut family Kamehameha. 
Bio-Broly  
Dalam film ini Goku membuat penampilan singkat di bagian terakhir di mana ia makan dan mengatakan bahwa ia dan Pikkon harus pergi ke neraka dan menenangkan Broly karena ia mengamuk

Fushion Reborn  
Karena kecerobohan salah satu staff akhirat, roh orang mati bocor dan terbebas ke bumi, semua orang mati bangkit kembali khususnya para penjahat, Cell, Frieza, dan pasukan Ginyu muncul di bumi dan berbuat kekacauan, Goku yang berada di dunia orang mati ditugaskan untuk membereskan masalah itu dan berhadapan dengan makhluk bernama Janemba, Goku gagal mengalahkan Janemba seorang diri lalu muncul Bezita yang bersedia bergabung dengan Goku menggunakan jurus Fushion.

Wrath Of The Dragon 
Dalam film ini Goku mencoba untuk membuka kotak musik ajaib yang ia dapatkan dari Hoy tapi ia tidak bisa membukanya, sehingga mereka pergi dan menemukan Dragonballs untuk memanggil Shenron. Ketika Shenron membuka kotak itu  Tapion kotak keluar. Karena Tapion dibebaskan bagian atas Hirudegarn juga dibebaskan, bagian bawah sudah menyerang kota tapi Gohan sedang mengerjakan menghentikannya.

Yo! Son Goku And His Friend Return
Difilm ini Goku menjadi petani lobak, Goku dan keluarganya diundang ke acara pembukaan hotel milik Mr. Satan, awalnya Goku tidak mau ikut tapi setelah diberitahu bahwa dia boleh makan sepuasnya, dia akhirnya mau ikut, saat menikmati hidangan muncul 2 makhluk bernama Abo dan Cado (Avocado alias Alpukat) yang mengejar Tarble, adik Bezita yang datang ke Bumi untuk minta tolong kepada Bezita. Trunks dan Goten melawan Avo dan Cado tapi ternyata mereka lebih kuat daripada Gotenks sekalipun, akhirnya dengan jurus Kamehameha, Goku berhasil mengalahkan Avo dan Cado.


Tehnik Atau Jurus 

Kamehameha 
Ini adalah jurus ciri khas Goku, Goku berhasil menguasai jurus ini hanya dengan sekali lihat ketika Kakek Kamesennin menyelamatkan Raja Sapi ketika rumahnya terbakar api, Ketika Goku belajar jurus ini, dia menghancurkan mobil yang terparkir di jalan sebagai sasaran tembak.




Kaio Ken (Jurus Kaioo) 
Jurus ini didapat ketika Goku belajar pada Kaioo setelah tewas ketika bertarung melawan Kakaknya Raditz, jurus ini dipakai ketika melawan Nappa, Bezita dan Freeza. seiring bertambah kuat, Goku bisa menggunakan jurus ini sampai 20 kali lipat.




Bola Semangat (Genkidama)
Jurus ini juga didapat dari Kaioo ketika Goku belajar bela diri di dunia orang mati, jurus ini memang dahsyat, tapi untuk mengeluarkan jurus ini terlalu makan banyak waktu danenergi. Jurus ini dipakai sebagai jurus pamungkas ketika melawan musuh terakhir di Dragon Ball Z, Kid Bhu.





Pindah Dalam Sekejap (Instan Transmission)
Jurus unik ini Goku dapat ketika terdampar di planet Yadorat setelah berhasil mengalahkan Freeza, dengan jurus ini Goku bisa pindah dalam sekejap dengan cara merasakan pancaran tenaga seseorang.


Dragon Fist
Jurus ini tidak muncul di komik, jurus ini digunakan ketika melawan Hirudegarn di movie 13 dan melawan Manusia Buatan Super 17 di Dragon Ball GT, sekilas jurus ini mirip dengan jurus yang Goku gunakan ketika melawan Raja Iblis Piccolo.






Perubahan Wujud

Normal
Wujud normal Goku


Ozaru (Monyet Raksasa)
Seperti Manusia Saiya kebanyakan, Goku juga bisa berubah menjadi monyet besar. Bangsa Saiya bisa menjadi Monyet Raksasa jika masih punya ekor dan melihat bulan purnama. Ketika Goku berubah menjadi Monyet Raksasa dia kehilangan kesadarannya dan menjadi membabi buta, karena itulah secara tidak sengaja dia membunuh kakeknya.






Setengah Super Saiya (False Super Saiyan)
Di Move 4 Goku berubah menjadi Setengah Super Saiya, wujud ini mirp dengan Jurus Kaioo dan mirip dengna Broly karena semua matanya menjadi putih, rambutnya juga terlihat hitam kemerahan.







Super Saiya
Bangsa Saiya bisa berubah menjadi ksatria legenda Super Saiya jika merasakan emosi yang meletup dari hati yang paling damai, Goku berhasil berubah menjadi Super Saiya untuk pertama kali ketika Freeza membunuh Krillin di Planet Namek, Goku yang emosinya meluap akhirnya berhasil menjadi Super Saiya dan mengalahkan Freeza.


Ascended Super Saiya
Super Saiya ini lebih kuat dari Super Saiya biasa, kekuatan dan otot Ascended Super Saiya lebih besar dari biasanya. Goku berhasil mencapai level ini ketika berlatih di rung waktu dan jiwa bersama Gohan di Cell Saga. tapi Goku belum pernah mencobanya untuk melawan musuh.






 Ultra Super Saiya
Tingkat Super Saiya ini memiliki pancaran tenaga yang besar dan menakutkan, bahkan melebihi Cell. Tapi wujud ini memiliki kelemahan yaitu berkurangnya kecepatan, Goku juga mencapai tingkat ini ketika berlatih di ruang waktu dan jiwa bersama Gohan. Trunks pernah melakukan kekeliruan dengan menggunakan jurus ini ketika melawan Cell.


Full Power Super Saiya
Masih Super Saiya 1 tapi dengan membiasakan diri menjadi Super Saiya dalam keadaan apapun kekuatan bisa dinaikan lebih besar dalam keadaan terdesak. Goku mencapai wujud ini ketika hendak melawan Cell.


Super Saiya 2
Super Saiya 2 adalah tingkatan lebih besar dari Super Saiya biasa, Goku mencapai level ini setelah berlatih keras di dunia orang mati dan menggunakannya ketika melawan Majin Bezita dan Bhu. Son Gohan adalah orang pertama yang berhasil mencapai level ini ketika melawan Cell.




Super Saiya 3
Super Saiya 3 adalah jurus yang hanya boleh digunakan di dunia orang mati, jika dalam keadaan hidup menggunakan jurus ini tenaga akan cepat berkurang. Pertama kali Goku berubah menjadi Super Saiya 3 adalah ketika menahan Bhu dan Babidy menuju kota Barat.





Normal (GT)
Di Dragon Ball GT Goku berubah kembali menjadi wujud anak-anak atas permintaan Raja Pirafu kepada dewa naga, Walaupun berwujud anak anak tapi kekuatan Goku tetap tidak berubah.


Super Saiya (GT)
Walaupun berubah menjadi anak-anak, Goku masih bisa menjadi Super Saiya seperti halnya dalam wujud dewasa. bahkan dia masih bisa menggunakan jurus perpindahan dalam sekejap.


Super Saiya 3 (GT)
Wujud Super Saiya 3 Goku dalam wujud anak-anak mirip dengan Gotenks, Goku hanya bisa menjadi Super Saiya beberapa menit saja karena jurus ini kurang hebat jika digunakan dalam keadaan hidup.



Golden Oozaru (Monyet Raksasa Emas)
Goku menumbuhkan ekornya kembali dengan bantuan Kakek Kaioo Shin, perubahan Monyet Raksasa Emas ini adalah perpaduan dengan Super Saiya tapi tetap akan kehilangan kesadaran. Goku berubah menjadi ini ketika melihat bumi yang disinari cahaya bulan purnama.


Super Saiya 4
Perubahan ini Goku dapat ketika berhasil membangkitkan kesadarannya ketika menjadi Monyet Raksasa Emas, Dengan perubahan ini Goku berhasil mengalahkan Super Baby dan Naga Jahat. Jurus andalan dari perubahahan ini adalah Kamehameha 10 kali lipat.

Fushion

Bezit (Vegito)
Bezit atau Vegito (dalam pelafalan orang jepang) adalah penggabungan antara Goku dan Bezita dengan menggunakan giwang dari Kaioo Shin. Goku yang mendapat nyawa kaioo Shin dan akan menolong Son Gohan dari Manusia Iblis Bhu kebingungan memilih jurus pamungkas, dan Kakek Kaioo Shin menyarankan Goku dan Gohan harus bergabung, tapi ketika akan bergabung dengan Gohan, Gohan di hisap oleh Bhu, lalu munculah Bezita dan akhirnya mereka bergabung.



Gogeta
Gogeta adalah penggabungan Goku dan Bezita dengan menggunakan jurus Fushion dari manusia planet Metamor, jurus ini hanya digunakan sekali dalam Movie Fushion Reborn


Gotan (Goku Satan)
Penggabungan ini hanya ada dalam imajinasi Goku ketika putus asa memilih siapa yang akan diajak bergabung, hanya ada Mister Satan disana, satu satunya petarung yang masih hidup. untunglah Bezita muncul dan Goku tidak jadi bergabung dengan Mister Satan.







Live Action
Sudah 3 Live Action Dragon Ball dibuat dan ada 3 pula pemeran Son Goku dalam versi nyata.

Dragon Ball Film
Dragon ball Versi Korea, rilis tahun 1990. Goku diperankan oleh Heo seong Tae, yang membedakan dengan versi anime adalah rambut Goku yang hanya ada 2 "Duri" dan pakaiannya berwarna hitam

Dragon Ball The Magic Begin
Dragon Ball versi china mengangkat kisah Pirafu Saga, Goku tidak memiliki rambut yang lancip melainkan hitam tak beraturan, Goku diperankan oleh Charles Chen dengan pakaian merah hitam khas Piccolo Saga.

Dragon Ball Evolution
Dragon Ball garapan produser Stephen Chow, penampilan Goku tampak begitu modern. rambutnya asli dan berdiri, tidak seperti Goku Live Action sebelumnya yang memakai wig. disini Goku diperankan oleh Justin Chatwin.









Daftar pertempuran Goku
  • Goku vs. Beruang pencuri
  • Goku vs. Oolong
  • Goku vs. Yamcha
  • Goku vs Pirafu, Shu & Mai
  • Goku vs. Giran
  • Goku vs. Nam
  • Goku vs. Jackie Chun
  • Goku vs. Major Metallitron
  • Goku vs. The Five Murasaki Brothers
  • Goku vs. Buyon
  • Goku dan Krillin vs. Pirate Robot
  • Goku vs. Jendral Biru
  • Goku vs. Tao Bai Bai
  • Goku vs. Assistant Black
  • Goku vs. Mummy
  • Goku vs. Spike the Devil Man
  • Goku vs. Grandpa Gohan
  • Goku vs. Emperor Pilaf, Shu and Mai
  • Goku vs. Shula
  • Goku vs. Tien
  • Goku vs. King Chappa
  • Goku vs. Krillin
  • Goku vs. Tien
  • Goku vs. Tambourine
  • Goku vs. King Piccolo
  • Goku vs. Tambourine
  • Goku vs. Yajirobe
  • Goku vs. Tambourine
  • Goku vs. King Piccolo
  • Goku vs. Drum
  • Goku vs. King Piccolo
  • Goku vs. Tien
  • Goku vs. Piccolo
  • Goku and Piccolo vs. Raditz
  • Goku vs. Nappa
  • Goku vs. Vegeta
  • Goku vs. Recoome
  • Goku vs. Burter and Jeice
  • Goku vs. Captain Ginyu
  • Goku vs. Frieza (Final Form)
  • Goku (SS) vs. Frieza (Final Form) / (100% Full Power)
  • Goku (SS) vs. Android 19
  • Goku (FPSS) vs. Perfect Cell
  • Goku vs. Arqua
  • Goku vs. Pikkon
  • Goku (SS2) vs. Majin Vegeta
  • Goku (SS3) vs. Majin Buu
  • Goku & Vegeta vs. Super Buu (Inside Buu)
  • Goku (SS3), Vegeta (SS2), Majin Buu & Hercule vs. Kid Buu
  • Goku vs. Uub (World Tournament)
  • Goku (Kid)/(SS) vs. Ledgic
  • Goku (Kid) & Trunks vs. Mutchie
  • Goku (Kid) & Trunks vs. Lord Luud
  • Goku (Kid) vs. Generald Rilldo/Meta-Rilldo
  • Goku (SS)/(SS3) vs. Baby Vegeta/Super Baby Vegeta
  • Goku (SS3) vs. Super Baby Vegeta
  • Goku (SS4) vs. Super Baby Vegeta/Golden Ape Baby Vegeta
  • Goku (Kid) vs. Frieza & Cell (In Hell)
  • Goku (SS)/(SS4) vs. Super Android 17
  • Goku (Kid) & Android 18 vs Super Android 17
  • Goku vs. Haze Shenron
  • Goku (SS4) vs. Rage Shenron
  • Goku (SS4) vs. Naturon Shenron
  • Goku (SS4) vs. Nova Shenron
  • Goku (SS4) vs. Eis Shenron
  • Goku (SS4) vs. Syn Shenron
  • Goku (SS4) & Vegeta (SS4) vs. Omega Shenron
  • Goku (Kid) & Vegeta (SS4) vs. Omega Shenron 
Daftar Pertarunga Goku (film)
  • Goku (Kid) vs. Major Domo
  • Goku (Kid) vs. King Gurumes
  • Goku (Kid) and Krilin vs. Ghastel
  • Goku (Kid) vs. Lucifer
  • Goku vs. Ginger, Nikki and Sansho
  • Goku vs. Ginger and Nikki
  • Goku and Piccolo vs. Garlic Jr.
  • Goku vs. Misokatsun
  • Goku, Gohan & Krillin vs. Ebifurya & Kishime
  • Goku vs. Piccolo
  • Goku, Piccolo, Gohan, Krillin & Master Roshi vs. Dr. Wheelo
  • Goku vs. Great Ape Gohan
  • Goku vs. Amond, Deiz, Cacao, Razun & Lakasei
  • Goku vs. Turles
  • Goku vs. Medamatcha & Angira
  • Goku & Krillin vs. Slug
  • Goku (False Super Saiyan) vs. Slug (Giant Form)
  • Goku and Piccolo vs. Slug (Giant Form)
  • Goku vs. Cooler's Armored Squadron
  • Goku (SS) vs. Cooler (Final Form)
  • Goku (SS) and Vegeta (SS) VS Meta-Cooler
  • Goku and Trunks vs. Android 14 & Android 15
  • Goku vs. Android 13
  • Goku (SS), Piccolo, Vegeta (SS) & Trunks vs. Android 13 (Fusion)
  • Goku vs. Broly (SS)
  • Goku (SS), Trunks (SS), Piccolo, Gohan (SS), & Vegeta (SS) vs. Broly (LSS)
  • Goku (SS3) vs Janemba
  • Goku and Vegeta vs Super Janemba
  • Goku (SS3) vs. Hirudegarn 
 Pengisi Suara
Japanese Dub: Masako Nozawa

Indonesia Dub: Wiwiek Supadmi (Goku Kecil) Tri Adi Setiawan (Goku Remaja) Jefry Sani (Goku Dewasa)

Harmony Gold Dub: Barbara Goodson (Kid Goku - DB episodes 1-5; DB movies 1&3)

BLT Productions Dub: Saffron Henderson (Kid Goku - DB episodes 1-13; DB movie 1)

Ocean Group Dub: Ian James Corlett (Adult Goku - DBZ episodes 1-49 [1-37 edited]; DBZ movie 3), Peter Kelamis (Adult Goku - DBZ episodes 50-67 [38-53 edited] and 108-158; DBZ movies 1-3), Kirby Morrow (Adult Goku - DBZ episodes 159-291)

FUNimation Dub: Sean Schemmel (Adult Goku), Ceyli Delgadillo (Kid Goku - DB movies 2-3), Stephanie Nadolny (Kid Goku - DB and DBGT; DB movie 4), Colleen Clinkenbeard (Kid Goku - Dragon Ball Z Kai; DB movie 1)

Blue Water Dub: Zoe Slusar (Kid Goku), Jeffrey Watson (Adult Goku - DB), Jeremiah York (Adult Goku - DBGT)

Bandai Games Dub: Steven J. Blum (Adult Goku), Brianne Siddall (Kid Goku)

AB Group Dub: Jon Allen (Adult Goku)

Latin American Dub: Laura Torres (Kid Goku) and Mario Castañeda (Adult Goku)

Germany and Austria Dub: Corinna Dorenkamp (Kid Goku - DB), Frank Schaff (Adult Goku - DB), Ann Vielhaben (Kid Goku - DBZ flashbacks), Tommy Morgenstern (Adult Goku - DBZ and DBGT), Amadeus Strobel (Kid Goku - DBGT)

Brazilian Dub: Ursula Bezerra (Kid Goku), Wendell Bezerra (Adult Goku)

Tagalog, Hiligaynon and Cebuano Dub: Jefferson Utanes (Kid Goku and Adult Goku)

Portuguese Dub: Henrique Feist (Kid Goku and Adult Goku)

Greek Dub: Themis Psihogios (Adult Goku)

Italian Dub: Patrizia Scianca (Kid Goku), Paolo Torrisi (Adult Goku)

Albanian Dub (JessDiscoGraphic): Julian Cenameti (Adult Goku - DBZ)

Spanish Dub: Juana Molina (Kid Goku - DB episodes 1-26); Ana Cremades (Kid Goku - DB episodes 26-153; DBGT); Adolfo Martínez (Adult Goku - DB; DBZ episodes 1-58); José Antonio Gavira (Adult Goku - DBZ episodes 59-167); Miguel Ángel Montero (Adult Goku - DBZ episodes 168-291); Alejandro Albaiceta (Adult Goku - DBGT) 

     Sumber: http://www.dragonballencyclopedia.com/wiki/Goku

    3 comments:

    1. Unknown said...:

      wah.. makasih gan.. selain punya banyak info, ane jadi tau video yg udah lama ane cari. thanks gan,..
      :) jackdblue.blogspot.com

    1. Unknown said...:
      This comment has been removed by the author.
    1. Unknown said...:
      This comment has been removed by the author.

    Post a Comment